This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

JAJANAN TRADISIONAL DI BANDUNG

 Selamat pagi teman2..saya mo sharing tentang jajanan tradisional yang hampir terlupakan. Hanya sekedar untuk mengingatkan bahwa negara kita kaya dengan jajanan tradisional, sayangnya makin lama makin tergeser dengan jajanan modern..

  COLENAK alias Dicocol enak
Colenak adalah singkatan dicocol enak (bahasa sunda),merupakan makanan yang dibuat dari peuyeum (tape singkong) yang dibakar kemudian disajikan dengan saus yang terbuat dari parutan kelapa dan gula merah. Makanan khas Bandung yang masih bertahan meski saat ini agak jarang yang menjualnya. Karena kandungan gula di dalam tape maka tape tersebut mudah gosong, meski ini adalah bagian yang terenak bagi beberapa orang.

jajanan tradisional colenak keju - terminal wisata grafika cikole - tempat wisata lembang bandung
BANDROS
kue bandros adalah salah satu jajanan khas dari sukabumi. berbahan dasar kelap membuat jajanan ini gurih dan cocok buat teman minum teh
http://t0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcQjIwaztZ3ubLpFx-sRM4wCPHsKF__Y9h_oZz-1edndYLziLlnv
 
BAJIGUR
Bajigur adalah minuman hangat khas masyarakat Sunda dari daerah Jawa Barat, Indonesia. Bahan utamanya adalah gula aren, dan santan. Untuk menambah kenikmatan dicampurkan pula sedikit jahe, garam dan bubuk vanili.
Minuman yang disajikan panas ini biasa dijual dengan menggunakan gerobak yang menyertakan kompor. Bajigur paling cocok diminum pada saat cuaca dingin dan basah sehabis hujan. Makanan yang sering dihidangkan bersama bajigur adalah pisang rebus, ubi rebus, atau kacang rebus.


 
Bandrek
Bandrék adalah minuman tradisional orang Sunda dari Jawa Barat, Indonesia yang dikonsumsi untuk menaikkan kehangatan tubuh. Minuman ini biasanya dihidangkan pada cuaca dingin, seperti di kala hujan ataupun malam hari. Bahan dasar bandrék yang paling penting adalah jahe dan gula merah, tapi daerah-daerah tertentu menambahkan rempah-rempah tersendiri untuk memperkuat efek hangat yang diberikan bandrék, seperti serai, merica, pandan, telur ayam kampung, dan sebagainya. Susu juga dapat ditambahkan tergantung dari selera penyajian. Banyak orang Indonesia percaya bahwa bandrék dapat menyembuhkan penyakit ringan sepertisakit tenggorokan. Ada juga bandrék yang dikhususkan untuk orang dewasa karena efek panasnya.
Kepopuleran bandrék di Indonesia telah membuat minuman ini tersedia di pasaran dalam kemasan bubuk instan berbagai merk. Tidak jarang versi instan ini dikombinasikan dengan kopi dalam kemasan tersebut.


Surabi oncom
Serabi kadang disebut srabi atau surabi merupakan salah satu makanan ringan atau jajanan pasar yang berasal dari Indonesia. Serabi serupa dengan pancake (pannekoek atau pannenkoek) namun terbuat dari tepung beras (bukan tepung terigu) dan diberi kuah cair yang manis (biasanya dari gula kelapa). Kuah ini bervariasi menurut daerah di Indonesia. Daerah yang terkenal dengan kue serabinya adalah Jakarta, Bandung, Solo, Pekalongan dan Purwokerto yang masing-masing memiliki keunikan tersendiri. Ada juga surabi Arab yang terkenal karena keunikannya yang terdapat di kota bogor


Awug
Awug, apa yang ada dipikiran anda ketika mendengar nama yang satu ini? Awug adalah jajanan khas sunda yang terbuat dari tepung beras yang dikukus bersama gula merah sehingga menciptakan rasa manis khas Indonesia.


Gemblong
makanan khas tradisional sunda, camilan yang tebuat dari ketan yang di lumusi gula merah cair dan di tunggu hingga mengeras. rasanya gurih dan manis biasanya sangat nikmat kalo di nikmati dengan segelas teh panas.


Wajit
Wajit adalah suatu penganan yang terbuat dari beras ketan, gula merah dan kelapa yang dimasak menjadi satu. Wajit merupakan oleh-oleh asli Cililin, Kabupaten Bandung Barat. Ada banyak macam wajit, tapi wajit Cililin memiliki keunikan tersendiri karena dibungkus dengan cangkang buah jagung.

http://www.dodolbestari.com/foto_berita/16wajik.jpg

Ali agrem
Ali Agrem merupakan makanan sejenis kue tradisional yang terbuat dari tepung beras. Rasanya manis dan enak, bentuknya menyerupai Donat tapi lebih kecil. Bisa dibilang makanan ini adalah Donat-nya Indonesia, jadi yang “bulet-bulet bolong tengah’e” bukan donat saja, Ali agrem juga. 
Dinamai Ali Agrem karena bentuknya seperti Ali atau Cincin yang melingkar. Ali Agrem ini merupakan makanan tradisional yang sangat unik. Biasanya disuguhkan untuk tamu-tamu atau saat ada pesta perkawinan.


Ketan bakar
Ketan bakar begitulah masyarakat Bandung mengenalnya. Makanan yang terbuat asli dari ketan ini merupakan salah satu jenis makanan khas Jawa Barat. Biasanya ketan bakar selalu berbentuk persegi yang disugukan melalui proses pembakaran terlebih dahulu, karena menyantap ketan bakar lebih nikmat apabila ketan bakar masih dalam keadaan hangat. Sesuai dengan namanya ketan bakar. Ketan dengan bentuk persegi yang terlebih dahulu dibakar menggunakan arang sampai bewarna kecoklatan dan biasanya ketan yang sudah bewarna kecoklatan sudah matang. Apalagi menyantap ketan bakar nikmatnya selagi hangat


Cimol
Cimol adalah jajanan khas Bandung yang terbuat dari tepung kanji. Cimol berasal dari bahasa Sunda yaitu “aci digemol”, yang berarti tepung kanji dibuat bulat-bulat. Cara membuatnya sangat sederhana, yaitu tepung kanji dibuat bulat-bulat lalu digoreng. Setelah jadi, cimol pun diberi bumbu dengan beraneka varian rasa. Semula cimol hanya dibumbui dengan saus kacang, namun dalam perkembangannya terdapat pula bumbu keju, awam bawang, pizza pedas, barbeque, dan sebagainya. Dengan cara pembuatannya yang sederhana ini, tak heran banyak sekali pedagang yang menjual cimol di gerobak. Cimol paling enak disajikan pada saat hangat 



Goyobod 
Es goyobod tak jauh berbeda dengan es campur yang selama ini banyak dikenal. Goyobod adalah salah satu isi utama minuman ini, yang mirip seperti agar-agar warna-warni.
Penyajian es goyobod sungguh menggoda. Dikombinasikan dengan manis gula aren, lembutnya serutan kelapa muda, dingin pasrahan batu es, sensasi roti tawar, kolang-kaling, mutiara dan siraman susu kental manis di atasnya, membuat sajian semakin cantik. Benar-benar sajian yang nikmat dan bergizi.
Uniknya, ketebalan serutan kelapa muda dapat mempengaruhi rasa yang didapatkan. Makin tipis serutan, makin nikmat rasanya. Tergantung keahlian penjual dalam mengolah kelapa muda.

 

1 komentar:

tempatwisata dibandung mengatakan...

Yuk gabung bersama kami untuk mendukung pariwisata di Indonesia. Bagikan informasimu tentang tempat wisata murah meriah biar yang lain tau.

Poskan Komentar